Sunday 28 December 2014

Vlookup dan Hlookup



Vlookup dan Hlookup adalah merupakan salah satu fungsi di Microsoft Excel yang berisi argumen (range_lookup) yang memungkinkan anda mencari kecocokan yang tepat untuk nilai pencarian Anda tanpa mengurutkan tabel pencarian. Anda tidak perlu mengurutkan tabel lookup jika Anda menggunakan argumen range_lookup dengan benar.

Vlookup dan Hlookup sangat berguna apabila kita harus memasukkan sebuah data dari sekumpulan data. Fungsi ini sering digunakan di swalayan, minimarket, dan supermarket untuk membuat nota di kasir. Kita tidak perlu mengetik panjang lebar untuk membuat nota, tetapi cukup dengan memasukkan kode dan otomatis nama barang yang dimasukkan akan muncul beserta harganya.

Kita menggunakan vlookup apabila tabel yang menjadi sumber rujukan kita berbentuk vertikal. Sintaksnya adalah,

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)

Hlookup digunakan apabila tabel yang menjadi sumber rujukan kita berbentuk horizontal. Sintaksnya adalah,

=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,range_lookup)

Lookup_value adalah sel atau nilai yang digunakan sebagai rujukan. Nilai tersebut merupakan kunci dalam pencairan data. Sedangkan table_aray merupakan tabel atau range yang menyimpan data yang ingin dicari. Range_lookup adalah nilai logika TRUE atau FALSE, dimana kita ingin fungsi VLOOKUP atau HLOOKUP mengembalikan nilai dengan metode kira-kira (TRUE) atau mengembalikan nilai secara tepat (FALSE). Semua itu dipisahkan dengan tanda (;) atau (,) tergantung pengaturan komputer. Agar tidak berubah, table_aray harus diberi nilai absolut ($).
Contoh,
Demikian tutorial hari ini, sampai jumpa...

No comments: