Sunday 13 October 2013

Prestasi Bojonegoro Di Dunia Perfilman

Sebelumnya Film-Film Karya Bojonegoro Dulu dan Sekarang


Ternyata setelah ditelusuri, Bojonegoro punya cukup banyak prestasi dibidang perfilman. Film-film yang berhasil menoreh prestasi tersebut diantaranya Hasduk Berpola, dan Mie Sandur Setengah Matang.
 
Salah Satu Adegan dalam Film Hasduk Berpola
Kehadiran film Hasduk Berpola disambut antusias oleh seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan. Hasduk Berpola telah membawa angin segar bagi hiburan tanah air kala arus sinetron dan film-film tak berbobot bahkan merusak menghiasi media tanah air.


Acara gala premiere Hasduk Berpola di 5 teater Studio XXI Planet Hollywood, Jakarta dihadiri lebih dari 1000 undangan yang terdiri dari public figure, laskar pramuka, artis, Komunitas Pecinta Seni Sastra Indonesia hingga sastrawan senior Remy Silado dan beberapa tamu agung lainnya seperti Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo beserta rombongan, Bupati Bojonegoro, Suyoto dan beberapa pejabat Pertamina. Direktur Music Factory Indonesia, Harun Nurasyid juga hadir bersama keluarga.
Para tamu undangan dan penonton pada acara gala tersebut memberikan apresiasi positif pada film Hasduk Berpola. Mereka menyanyikan lagu Indonesia Raya serempak. Hal fenomenal yang benar-benar jarang terjadi di Indonesia.  “Dada saya bergetar hebat dan mata saya memanas saat menyanyikan lagu Indonesia Raya, film ini layak ditonton seluruh rakyat Indonesia”, ungkap Handoko, salah satu tamu yang diundang pada acara tersebut.
Salah Satu Adegan dalam Film

Roy Suryo mengungkapkan bahwa film ini juga bisa dijadikan trigger(pencetus) untuk kebangkitan kembali kegiatan pramuka di Indonesia. Nilai-nilai luhur yang disampaikan dalam film Hasduk Berpola garapan Harris Nizam ini diharapkan akan menjadi inspirasi bagi generasi muda.
Tidak saat acara gala premiere saja, film Hasduk Berpola ramai ditonton. Setelah acara perilisan, masyarakat berbondong-bondong untuk menonton film tersebut dengan berbagai cara mulai dengan nonton di bioskop terdekat, nonton bareng seperti Dewan Kerja Galang Pramuka SMP Negeri 101 Jakarta di Cinema 21 Slipi Jaya pada tanggal 22 Maret yang lalu, nonton film di youtube, dan sebagainya. Hasduk Berpola telah menjadi the hottest film 2013 ini. 

Itulah prestasi yang berhasil diraih oleh film Hasduk Berpola. Lalu, prestasi apa yang diraih oleh Mie Sandur Setengah Matang? Yuukk kita ikuti ulasannya...
Video berjudul Mie Sandur Setengah Matang telah berhasil masuk nominasi festival film pelajar yang diselenggarakan oleh Yogyakarta. Video ini baru dipublikasikan pada tanggal 19 September lalu di sebuah website milik Komunitas Saraf Mata dan baru dilihat sebanyak 16 kali.
 
Kesenian Sandur
Mie Sandur menceritakan tentang nasib sandur yang merupakan kesenian pertunjukan tradisional khas Bojonegoro sudah melanglang hingga ke seantero Jawa Timur ternyata hampir tidak dikenali masyarakat Bojonegoro itu sendiri. Sungguh ironis...
Komunitas Saraf Mata juga menggelar nonton bareng untuk memperkenalkan karya terbarunya berupa film dokumenter berjudul Nyawa Illegal pada tanggal 19 Mei 2013 lalu di Hotel Djanggleng Bojonegoro. Saya masih belum menemukan videonya di youtube, jadi belum bisa menampilkan videonya di sini (Maaf ya...).

Begitulah gambaran perfilman Bojonegoro saat ini, terus bagaimana ya dunia perfilman Bojonegoro pada tahun 2020? Ingin tahu jawabannya??? 

Yuuk... kita lihat sama-sama di

No comments: