Friday 26 December 2014

Fungsi Logika IF pada Microsoft Excel



Fungsi logika if adalah salah satu fungsi yang terdapat pada Microsoft Excel yang menggunakan logika pernyataan “Jika......, maka.....” dan memiliki nilai benar dan salah. Ada beberapa jenis logika if di dalam Microsoft Excel, diantaranya: IF tunggal, IF bertingkat, IF AND, dan IF OR.


IF TUNGGAL
If tunggal digunakan apabila kondisi yang kita inginkan hanya satu (tunggal). Jika pernyataan sesuai kondisi, maka pernyataan tersebut bernilai BENAR dan jika tidak sesuai dengan kondisi, maka pernyataan tersebut bernilai SALAH.
Dalam formula bar akan terisi “=IF(Kondisi, hasil yang memenuhi kondisi, hasil jika tidak sesuai)”. Kita juga dapat menggunakan tab formulas dengan cara memilih Logical lalu klik IF. Lalu, muncul form seperti ini,


Form paling atas adalah kondisi, form kedua adalah hasil jika kondisi terpenuhi, form ketiga adalah hasil jika kondisi tidak terpenuhi.
-          Untuk form kondisi dapat kita akan menggunakan kondisi apabila cell A bernilai =, <, >, <=, atau >= dari kondisi yang diinginkan.
-          Untuk form kedua dan ketiga. Diisikan hasil yang diinginkan sesuai dengan terpenuhi atau tidak kondisinya.
Contoh:
=IF(A5=“SATU”;1;2)
A5=“SATU” adalah Kondisi
1 adalah hasil jika kondisi terpenuhi
2 adalah hasil jika kondisi tidak terpenuhi

IF BERTINGKAT
IF bertingkat digunakan apabila kondisi yang kita inginkan lebih dari satu, dan hasilnya akan berbeda-beda sesuai dengan kondisi yang terpenuhi. IF bertingkat dapat terdiri lebih dari dua fungsi IF tergantung ada beberapa kondisi yang kita perlukan. Agar lebih mudah, kita menggunakan formula bar dan menulis fungsi di sana.
Contoh

IF yang pertama merupakan kondisi yang pertama
IF yang kedua merupakan kondisi yang kedua
Dan seterusnya

IF AND
IF AND digunakan apabila ada 2 atau lebih kondisi yang harus ditemukan untuk mendapatkan suatu hasil tertentu.


Fungsi AND ditempatkan pada form pertama pada IF karena form pada AND merupakan logical form dan diisi dengan kondisi-kondisi yang harus dipenuhi semuanya. Apabila salah satu kondisi tidak terpenuhi maka nilai logical test pada IF akan bernilai false.

IF OR
Digunakan apabila ada beberapa kondisi yang jika terpenuhi salah satu maka nilai logical test tetap true. Bernilai false apabila semua kondisi tidak terpenuhi. Seperti halnya AND, semua form OR adalah kondisi maka fungsi OR diletakkan pada form pertama pada IF.

No comments: