Sunday 28 December 2014

Analisa Statistika Deskriptif



Analisa data dapat dilakukan dengan cukup mudah dengan Microsoft Excel. Microsoft Excel telah memberikan fasilitas tersendiri untuk menganalisa data. Untuk kali ini kita akan mencoba cara menganalisa data deskriptif, yaitu sebagai berikut:

  • Untuk awalnya kita perlu mengecek apakah fitur Data Analys pada Excel kita sudah terpasang. Jika pada Excel kita sudah terpasang Data Analys, seharusnya muncul tombol pada kotak biru di bawah.

  • Untuk mengaktifkannya klik tombol Office pilih Excel Option dan klik tab add-ins, selanjutnya klik Go. Seperti yang terlihat pada gambar berikut:

  • Akan muncul popup Add-Ins, pilih Analysis ToolPak. Tunggu beberapa saat selama proses menginstal.Jika proses menginstall telah selesai maka Excel kita akan mendapat tool baru yaitu Data Analysis, seperti pada gambar berikut:

Setelah tool Data Analys terpasang, maka kita akan memulai menganalisa data deskriptif yang kita punya. Statistika deskriptif berkenaan dengan bagaimana data dapat digambarkan (dideskripsikan) atau disimpulkan baik secara numerik (misal menghitung rata-rata dan deviasi standar) atau secara grafis (dalam bentuk tabel atau grafik) untuk mendapatkan gambaran sekilas mengenai data tersebut sehingga lebih mudah dibaca dan bermakna.

Sebagai contoh, kita memiliki data nilai UAS dan UTS siswa sebagai berikut,

Untuk mengolah data diatas, klik tombol Data Analys dan pilih Descriptive Statik. Atur konfigurasinya sesuai keinginan anda.Input Range adalah range data-data (cells) yang kita gunakan. Output Range adalah range (cell) tempat kita menggunakan output hasil pengolahan data.
Jadilah seperti ini,
Sekian dari saya, terima kasih atas kunjungan anda, sampai jumpa di tutorial berikutnya.

No comments: