Thursday 25 December 2014

Fungsi SUM, MAX, MIN, dan AVERAGE dalam Excel



Saya yakin sebagian besar dari anda sudah sangat akrab dengan fungsi-fungsi di atas. Bagi yang belum, saya akan berikan sedikit informasi tentang fungsi-fungsi tersebut.

Fungsi SUM
Fungsi SUM merupakan salah satu fungsi yang berasal dari golongan Math & Trig. Fungsi ini merupakan fungsi aritmatika yang digunakan untuk menghitung jumlah dan perhitungan trigonometri di Excel. Rumus dari fungsi ini adalah =SUM(DATA1;/:DATA2). Tanda ( : ) berarti “hingga” dan tanda ( ; ) berarti “dan”. 

Untuk menghitung data ini, anda dapat menggunakan fasilitas autosum dengan memblok data yang ingin dijumlah. Anda juga dapat langsung mengetikkan rumus (fx) SUM pada cell tempat yang anda inginkan untuk meletakkan hasil SUM.


Fungsi MAX, MIN, dan AVERAGE
Fungsi MAX, MIN, dan AVERAGE merupakan beberapa fungsi yang berasal dari golongan Statistical. Fungsi ini digunakan untuk mengetahui informasi statistik sesuai namanya.
Fungsi Max digunakan untuk mengetahui nilai tertinggi dalam sebuah data statistik.  Rumus dari fungsi ini adalah =MAX(DATA1:/;DATA2).  Untuk mengetahui nilai max, anda dapat menggunakan fasilitas autosum dengan memblok data yang ingin dijumlah. Anda juga dapat langsung mengetikkan rumus (fx) MAX pada cell tempat yang anda inginkan untuk meletakkan hasil MAX.

Fungsi Min digunakan untuk mengetahui nilai terendah. Rumus dari fungsi ini adalah =MIN(DATA1:/;DATA2).  Untuk mengetahui nilai min, anda dapat menggunakan fasilitas autosum dengan memblok data yang ingin dijumlah. Anda juga dapat langsung mengetikkan rumus (fx) MIN pada cell tempat yang anda inginkan untuk meletakkan hasil MIN.

Fungsi Average digunakan untuk mengetahui nilai rata-rata. Rumus dari fungsi ini adalah =AVERAGE(DATA1:/;DATA2).  Untuk mengetahui nilai average, anda dapat menggunakan fasilitas autosum dengan memblok data yang ingin dijumlah. Anda juga dapat langsung mengetikkan rumus (fx) AVERAGE pada cell tempat yang anda inginkan untuk meletakkan hasil AVERAGE.

Sekarang coba perhatikan gambar di bawah ini.

Menurut anda, apa yang salah dengan data pada tabel di atas?

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan penggunaan fungsi. Yang salah adalah peletakan hasil dari nilai max, min, dan average. Kurang tepat jika kita meletakkan max, min, dan average di samping data tunggal satu kolom seperti diatas. Secara fungsi tidak masalah, toh kita juga dapat merekayasa fungsinya. Tapi yang jadi masalah adalah penerjemahan data. Max, min, dan average di samping berarti nilai max, min, dan average yang didapatkan dari satu baris data yang ada di samping hasil. Jika data yang diberikan merupakan data tunggal satu kolom, lebih baik kita letakkan nilai max, min, dan average di bawah kolom bukan di samping kolom. Seperti gambar dibawah ini.

Beda lagi jika data yang dihitung merupakan data tunggal dengan banyak kolom seperti gambar di bawah ini.

Jika data seperti di atas, anda boleh meletakkan hasil max, min, dan average di samping. Ini digunakan untuk mengetahui nilai max, min, dan average perbaris dalam tabel.

Demikian sedikit informasi tentang max, min, dan average. Terima kasih atas kunjungan anda.

No comments: